Survey Kepuasan
Program Studi Teknik Geomatika melakukan sejumlah survei guna menjaring data dan masukan tentang proses pembelajaran, kurikulum, kepuasan layanan terhadap karyawan dan mahasiswa, layanan dan kepuasan pengguna lulusan melalui sejumlah survei, yaitu survei kepuasan pengguna yang dilakukan terhadap mahasiswa dan lulusan.
Kepuasan Mahasiswa
- Aspek dalam instrumen penilaian kepuasan mahasiswa
Aspek |
Keterangan |
Keandalan (reliability) |
Kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan selama proses pembelajaran di program studi. |
Daya tanggap (responsiveness) |
Kemauan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat. |
Kepastian (assurance) |
Kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberikan keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan. |
Empati (empathy) |
Kesediaan/ kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa. |
Tangible |
Kecukupan, aksesibilitas, dan kualitas sarana serta prasarana pembelajaran di program studi. |
Hasil survei tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut:
No. |
Aspek yang Diukur |
Tingkat Kepuasan Mahasiswa |
Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS |
|||
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
1 |
Keandalan (reliability) |
54,6% |
30,5% |
10,8% |
4,1% |
Meningkatkan kompetensi bidang dan kebaharuan keilmuan bagi dosen internal serta bekerja sama dengan dosen dari PT lain yang sesuai dengan bidang kompetensi yang dibutuhkan seperti dari UGM dan STPN. |
2 |
Daya tanggap |
56,5% |
28,7% |
11,5% |
3,4% |
Meningkatkan respon dan daya tanggap baik dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu/ memberikan pelayanan akademis kepada mahasiswa. |
3 |
Kepastian |
52,8% |
32,8% |
11% |
3,4% |
Memberikan materi perkuliahan sesuai dengan silabus dan ketentuan kurikulum yang berlaku dan disepakati bersama antara dosen dan mahasiswa. Tenaga kependidikan dan pengelola bersinergi melayani kebutuhan akademis dan administratif mahasiswa. |
4 |
Empati (empathy) |
51,8% |
31,3% |
12,8% |
4,1% |
Memprioritaskan pemberian perhatian kepada mahasiswa baik oleh dosen, tenaga kependidikan, maupun pengelola untuk meningkatkan kenyamanan kegiatan belajar mengajar. |
5 |
Tangible |
33,7% |
24,4% |
22,1% |
19,8% |
Memaksimalkan kelengkapan peralatan laboratorium, mempertahankan kualitas fasilitas internet, meningkatkan kontribusi mahasiswa dalam publikasi jurnal milik PS. |
Jumlah |
249,4% |
147,7% |
68,2% |
34,8% |
Hasil survei yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Geomatika menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap aspek daya tanggap, keandalan, kepastian, dan empati dosen. Mayoritas responden memberikan penilaian pada kategori sangat baik dan baik, yang mencerminkan bahwa proses pembelajaran dinilai responsif, konsisten, serta mampu membangun interaksi yang positif antara dosen dan mahasiswa. Namun pada aspek tangible seperti ketersediaan fasilitas laboratorium, akses internet, dan sarana pendukung pembelajaran lainnya masih memerlukan peningkatan. Aspek ini memperoleh tingkat kepuasan yang relatif lebih rendah dibandingkan aspek lainnya, sehingga menjadi fokus utama dalam upaya perbaikan dan peningkatan mutu layanan akademik di masa mendatang.
Kepuasan Pengguna Lulusan
Berdasarkan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan, lulusan Program Studi Teknik Geomatika secara umum memperoleh penilaian yang sangat baik, khususnya pada aspek etika profesional, penguasaan teknologi informasi, dan kemampuan bekerja dalam tim, dengan tingkat kepuasan masing-masing mencapai 81,25%. Penilaian ini mencerminkan bahwa lulusan telah memiliki bekal kompetensi teknis dan soft skills yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Lulusan juga menunjukkan kinerja yang positif pada aspek penguasaan bidang keilmuan, kemampuan komunikasi, serta pengembangan diri, yang turut diapresiasi oleh para pengguna.
Hasil survei tersebut dapat dilihat dalam gambar berikut