Webinar Geomatics Leadership Training: Create Your Professional Profile (CV & Linkedin)
Pekerjaan menjadi sebuah tuntutan bagi setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Proses untuk bekerja di suatu perusahaan biasanya diawali dengan kegiatan melamar pekerjaan. Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika akan melamar pekerjaan adalah pembuatan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja dapat dikatakan sebagai pintu masuk dalam proses melamar pekerjaan. Oleh karena itu, dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan harus dilakukan dengan sebaik mungkin sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh staff HRD perusahaan. Selain surat lamaran, yang perlu dipersiapkan adalah curriculum vitae (CV) yang berisi biodata diri, softskill, hardskill, dan pengalaman berkerja maupun berorganisasi. Seorang mahasiswa perlu mempersiapkan diri untuk terjun di perusahaan setelah lulus dengan kemampuan membuat curiculum vitae (CV) secara profesional.
Pada era digital ini, seluruh pengalaman kegiatan yang pernah kita lakukan selama menempuh pendidikan, juga dapat dimasukkan dalam media sosial bernama Linkedin. Dimana, jika pengguna memaksimalkan penggunaan media sosial tersebut, akan dapat memudahkan pengguna dalam menemukan pekerjaan sesuai dengan bidang yang diinginkan. Dalam proses melamar pekerjaan tidak akan terlepas dari interview. Interview merupakan salah satu tahapan melamar pekerjaan, dimana pencari kerja akan diberikan berbagai pertanyaan atau studi kasus mengenai pekerjaan yang dilamar. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan diri pelamar, baik fisik maupun mental agar proses wawancara pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.
Sebagai seorang mahasiswa di era digital, persiapan dan rencana kehidupan setelah kuliah sangatlah diperlukan untuk dapat bersaing di dunia kerja, khususnya dunia usaha dan industri. Sayangnya, sumber informasi mengenai hal ini tidaklah banyak sehingga diperlukan sebuah wadah informasi untuk mahasiswa agar informasi yang terbilang penting ini dapat diraih dengan mudah. Dari berbagai permasalahan diatas, Himpunan Mahasiswa Teknik Geomatika UPN “Veteran” Yogyakarta yang diwadahi oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa berinisiatif untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui program kerja Geomatic Leadership Training dengan harapan para mahasiswa mendapatkan informasi, wawasan, dan pengalaman dari narasumber sehingga mampu membekali diri dengan memaksimalkan Curriculum Vitae dan Linkedin.
Kegiatan Webinar Geomatics Leadership Training (GLT) ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2021 dengan mengusung tema “Create Your Professional Profile”. Acara diawalai dengan pembukaan dan sambutan dari ketua pelaksana, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Geomatika (HMTGM) dan Koordinator Program Studi Teknik Geomatika UPN “Veteran” Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi Bapak Junar Asunyi yang berlatar belakang sebagai konten kreator dalam bidang Human and Resource. Webinar GLT ini diikuti oleh berbagai latar belakang peserta, mulai dari mahasiswa hingga pengajar di berbagai instansi.
Materi yang disampaikan dalam Geomatics Leadership Training (GLT) berfokus pada pengoptimalan Curriculum Vitae (CV), mulai dari tata bahasa, hingga hal-hal mendasar yang sangat jarang diketahui orang banyak. Selain itu, dibahas juga terkait pemanfaatan Linkedin di era dewasa ini. Terutama, terkait dengan faktor-faktor yang dapat membuat perusahaan terpikat dengan profil Linkedin yang profesional. Secara keseluruhan, webinar ini berjalan dengan lancar dan informasi yang disampaikan tersalurkan kepada peserta, dibuktikan dengan uji pemahaman pada akhir webinar.